//
you're reading...
Kesiswaan

Prog.kerja Waka Kesiswaan SMAN 1 Wanaraya

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke-Hadirat Allah SWT yang telah rnemberikan Rahmat dan Hidayah-Nya,sehingga kami dapat meyelesaikan penyusunan program kerja dan kegiatan kesiswaan SMA Negeri 1 Wanaraya  tahun pelajaran 2010/2011.

Program kerja dan kegiatan kesiswaan ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan dan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Tentunya program kerja dan kegiatan kesiswaan ini sangat perlu dibuat karena untuk mengarahkan kegiatan sekolah dibidang kesiswaan agar lebih terarah dan fokus dalam kerangka melaksanakan pembinaan dibidang kesiswaan yang berujung kepada tercapainya tujuan pendidikan nasional. Untuk mewujudkan program kerja dan kegiatan kesiswaan tersebut sehingga dalam penyusunannya lebih didasari kepada pemilihan kegiatan yang besifat prioritas dengan mempertimbangan penjadwalan kegiatan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran, situasi dan kondisi, waktu persekolahan yang tersedia.

Mudah-mudahan dengan program kerja dan kegiatan kesiswaan ini dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam membina siswa dan pelaksanaan kegiatan kesiswaan di sekolah khususnya pada SMA Negeri 1 Wanaraya.

Dalam kesempatan ini tak lupa kami meyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :

  1. Kepala SMA Negeri 1 Wanaraya, Bpk. Drs.H.A.Fauzie
  2. Ketua KOMITE SMA Negeri 1 Wanaraya, Bpk.Johanes
  3. Rekan Wakasek Urusan Kurikulum Bpk.Fachru Aminullah, S.Pd
  4. Rekan Wakasek Urusan Sarana-Prasarana Bpk.Johar Wahidin, S.Pd
  5. Rekan Pembina ekstrakurikuler, Dewan Guru dan stap TU SMA Negeri 1 Wanaraya
  6. Seluruh Pengurus MPK, OSIS, dan kegiatan ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Wanaraya

Yang telah memberikan berbagai bantuan moril dan pemikiran serta material sehingga dapat terselesaikannya program kerja dan kegiatan kesiswaan ini.

Terakhir, kami menyadari sepenuhnya masih terdapat segala kekurangan dalam pembuatan program ini, untuk itu diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritikan berbagai pihak demi penyempurnaan penyusunan program-program serupa khususnya program kerja dan kegiatan  kesiswaan dimasa yang akan datang merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan suatu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.

Wanaraya, Juli 2010

  1. PENDAHULUAN

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Dalam penyelenggaraan pendidikan dikenal dengan penyelenggaraan pendidikan formal dengan jalur pendidikan sekolah dan pendidikan nonformal atau informal dengan jalur pendidikan luar sekolah. Pelaksanaan pendidikan sekolah ini diselengarakan secara teknis sudah memiliki standarisasi yang ditentukan oleh pemerintah baik mengenai pelaksanaan kurikulum, kesiswaan maupun sarana dan prasarana, walaupun masih diperbolehkan untuk menambahnya dengan bentuk dan model pelaksanaan pendidikan yang diinginkan oleh sekolah sebagai bentuk pelaksanaan otonomi sekolah

Sebagai bentuk lembaga pendidikan formal, SMA Negeri 1 Wanaraya berfungsi sebagai Unit Pelaksana teknis pendidikan formal, dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar selalu melakukan perencaan dilanjutkan dengan pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi terhadap 3(tiga) aspek komponen sekolah yaitu aspek pelaksanaan kurikulum sekolah, kegiatan kesiswaan dan pengadaan sarana-prasarana pendukung pembelajaran. Khusus, di bidang kegiatan kesiswaan dalam pelaksanaanya di mulai dengan pembuatan program kerja sebagai dasar dan acuan pelaksanaan kegiatan pembinaan kesiswaan.

Dalam struktur organsisasi sekolah, kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah memiliki kewenangan menunjuk seorang wakil kepala sekolah urusan kesiswaan yang merupakan perpanjangan tangan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya. Di SMA Negeri 1 Wanaraya sendiri telah ditetapkan penanganan urusan kesiswaan kepada wakil kepala sekolah urusan kesiswaan ditambah dengan pembantu wakil kepala sekolah urusan kesiswaan  dan pembina OSIS, yang ketiganya memiliki tugas dan fungsi sebagi perencana, koordinator, inisiator, supervisor untuk seluruh kegiatan kesiswaan baik internal maupun eksternal sekolah, yang hasil pelaksanaan tugas akan dipertanggungjawabkan kepada kepala sekolah.

II.           URAIAN TUGAS WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KESISWAAN, PEMBANTU WAKASEK KESISWAAN DAN PEMBINAAN OSIS

  1. Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan
    1. Menyusun program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dan kegiatan kesiswaan selama 1(satu) tahun pelajaran.
    2. Memberikan saran, masukan, serta pertimbangan kepada kepala sekolah dalam mengambil kebijakan pada urusan persekolahan bidang kesiswaan.
    3. Melaksanakan pengarahan, bimbingan dan pengawasan kegiatan kesiswaan dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah.
    4. Merencakan, melaksanakan, membina, mengkoordinasi, mengawasi pelaksanaan kegiatan 7K (Kedisiplinan, Ketertiban, keamanan, keindahan, kebersihan, keagamaan, dan kekeluargaan).
    5. Melaksanakan pembinaan dan pengarahan, pengawasan serta penilaian terhadap pengurus OSIS dalam menjalankan organisasi.
    6. Melakukan pembinaan dan pengarahan, pengawasan serta penilaian pengurus OSIS dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kesiswaan.
    7. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
    8. Melaksanakan pemilihan siswa sebagai siswa berprestasi dan calon siswa penerima beasiswa.
    9. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam berbagai kegiatan diluar sekolah
    10. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala.
  1. Pembantu Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan
    1. Membantu Wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dalam menyusun program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan.
    2. Memberikan saran, masukan dan pertimbangan kepada kepala sekolah dan wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dalam pengambilan kebijakan pada urusan persekolahan bidang kesiswaan.
    3. Membantu wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dalam melaksanakan program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan
    4. Membantu wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dalam melaksanakan tugas sebagaimana tercantum dalam uraian tugas wakil kepala sekolah urusan kesiswaan.
    5. Pengganti sementara wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dalam pelaksanaan tugas wakil kepala sekolah urusan kesiswaan apabila sedang berhalangan sementara.
    6. Membantu wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dalam membuat laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala.
  1. Pembina OSIS
    1. Membantu wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dalam melaksanakan program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan.
    2. Membimbing, Mengarahkan, serta mengawasi pelaksanaan  pembentukan pengurus MPK dan OSIS.
    3. Membimbing, mengarahkan serta mengevaluasi terhadap menyusunan program kerja OSIS dan pelaksanaannya.
    4. Membimbing, mengarahkan serta mengevaluasi kepengurusan MPK dan OSIS dalam menjalankan organisasi.
    5. Membimbing, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengevaluasi semua kepengurusan organisasi ekstrakurikuler yang ada di bawah naungan OSIS.
    6. Melakukan kerjasama dan koordinasi secara rutin kepada semua pembina kegiatan ekstrakurikuler.
    7. Menghadiri setiap kegiatan yang dilaksanakan OSIS dalam rangka pelaksanaan program kerja OSIS.
    8. Meminta dan menilai laporan pertanggungjawaban OSIS pada setiap per-kegiatan maupun laporan pertanggungjawaban OSIS diakhir kepengurusan.
    9. Membantu wakil kepala sekolah dalam membuat laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala

III.         MAKSUD DAN TUJUAN PENYUSUNAN PROGRAM KERJA

1.         MAKSUD

 

Penyusunan program kerja dan kegiatan kesiswaan dimaksudkan untuk membantu mewujudkan visi dan misi sekolah serta pencapaian tujuan pelaksanaan pendidikan di SMA Negeri 1 Wanaraya yang tertuang dalam program strategi sekolah (program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang), program kerja kepala sekolah serta mengakomodir aspirasi siswa selama mengikuti pendidikan di SMA Negeri 1 Wanaraya.

2.         TUJUAN

 

Didasari maksud dari penyusunan program kerja bidang kesiswaan, sehingga penyusunan program kerja bidang kesiswaan di SMA Negeri 1 Wanaraya bertujuan:

  1. Sebagai dasar dan pedoman bagi pelaksanaan program kegiatan kesiswaan yang akan dilaksanakan oleh wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, pembantu wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dan pembina OSIS.
  2. Merealisasikan segala bentuk aspirasi dari seluruh warga sekolah dalam bidang  kesiswaan.
  3. Terbinanya siswa yang memiliki moral dan berakhlak terpuji serta memiliki kemampuan akademis dan non akademis yang hadal
  4. Menumbuhkembangkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap sekolah sehingga mampu meningkatkan minat dan semangat belajar.
  5. Mendorong sifat dan semangat persatuan, rasa kekeluargaan dan persahabatan antar siswa di SMA Negeri 1 Wanaraya tanpa membedakan agama yang dianut, suku, dan golongan.
  6. Melalui pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan pembekalan Kecakapan Hidup (Life Skill) siswa diarahkan dan disiapkan dengan berbagai modal ketrampilan untuk dapat dimanfaatkan dalam kehidupan nyata kemasyarakatan.

IV.        PRINSIP DAN ASAS PELAKSANAAN PROGRAM KERJA

    1. PRINSIP PELAKSANAAN
    2. Ing ngarso sungtulodo

Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu lewat sikap dan perbuatannya menjadikan dirinya sebagai pola anutan dan ikutan orang-orang yang dipimpinnya .

  1. Ing madyo mangunkarso

Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat bersuakarsa dan berkreasi pada orang yang dipimpinnya.

  1. Tutwuri Handayani

Mengandung arti seorang pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya agar berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.

  1. ASAS-ASAS PELAKSANAAN
  2. Kekeluargaan dan kegotong royongan
  3. Persatuan dan kesatuan
  4. Kebersamaan, senasib sepenanggungan
  5. Selaras, serasi dan seimbang

V.            DASAR HUKUM PEYUSUNAN PROGRAM KERJA

Dasar Hukum Penyelenggaraan Pembinaan kesiswaan , adalah:

  1. TAP MPR Nomor IV/MPR/1978
  2. TAP MPR Nomor II/MPR/1983
  3. TAP MPR Nomor II/MPP/1988
  4. TAP MPR Nomor II/MPR/1993
  5. Undang-undang No. 2 tahun 1989
  6. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990
  7. Kepres No. 23 tahun 1979
  8. Peraturan Pemerintah No.28 tahun 1990
  9. Keputusan Mendikbud No.0323/U/1978
  10. Keputusan Mendikbud No.0461/U/1984
  11. Keputusan DirjenDikdasmen No.226/Kep/0/1992
  12. PROGRAM KERJA DAN JENIS KEGIATAN

L a m p i r a n

  1. ALOKASI WAKTU PELAKSANAAN PROGRAM

L a m p i r a n

VIII. GARIS KOORDINASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA

T e r l a m p i r

IX.      PENUTUP

Demikian program kerja wakil kepala sekolah urusan kesiswaan ini dibuat , dengan besar harapan bahwa segala apa yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan lancar dan sukses pada waktunya dan mendapat dukungan dari semua fihak terutama Keluarga Besar SMA Negeri 1 Wanaraya. Terakhir, kami memanjatkan semoga senantiasa mendapatkan Rahmat dan Hidayah dari Allah SWT, sehat wal-afiat dalam menjalankan segala tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan kepada kami,amien.

Wanaraya,    Juli 2010

                                                                                       PENYUSUN

 

               WAKASEK KESISWAAN                                              Pb. WAKASEK KESISWAAN

 

              MUHAMMAD RAHMATULLAH, S.Pd              MASRIN ASHADI, S.Pd

             NIP. 19730505 199802 1 001                                    NIP. 19720519 200604 1 011

                                                                                   MENGETAHUI

                                                                              KEPALA SEKOLAH

 

                                                                              Drs. H. A. FAUZIE

                                                                             NIP. 19540603 198503 1 011

About these ads

Diskusi

One thought on “Prog.kerja Waka Kesiswaan SMAN 1 Wanaraya

  1. mhn diemailkan program trsbt kl bisa keg perbulan selama 2 semester sbg acuan kami. tq

    Posted by jojoh juhariah,s.pd kesiswaan smp 3 sleman | 18 Juli 2012, 01:28

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: